Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Orang Tua

Pendahuluan



Ketika kita menjadi orang tua, maka harus siap untuk menghadapi berbagai macam hal. Salah satu hal yang harus dihadapi adalah tanggung jawab mutlak terhadap anak. Tanggung jawab mutlak ini memerlukan pernyataan tertulis yang disebut sebagai surat pernyataan tanggung jawab mutlak orang tua.





Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Orang Tua



Berikut adalah contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak orang tua:
Kepada Yth.
Kepala Sekolah
Di Tempat
Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Orang Tua: Budi Susanto
Nama Anak: Ani Susanti
Alamat: Jl. Merdeka No. 10, Jakarta
Menyatakan bahwa saya memberikan izin kepada anak saya, Ani Susanti, untuk mengikuti kegiatan pramuka di luar kota yang diselenggarakan oleh sekolah.
Saya juga menyadari bahwa kegiatan ini memiliki risiko tertentu, seperti kecelakaan dan sakit. Namun, saya tetap memberikan izin atas kegiatan ini dan bertanggung jawab penuh atas segala tindakan anak saya selama mengikuti kegiatan tersebut.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat saya,
Budi Susanto


Kesimpulan



Surat pernyataan tanggung jawab mutlak orang tua sangat penting untuk melindungi orang tua dan anak-anak dari segala macam tuntutan hukum yang mungkin terjadi. Surat ini sebenarnya sangat mudah dibuat dan dapat memberikan perlindungan bagi anak-anak dari tindakan yang mungkin membahayakan mereka. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus menyadari pentingnya membuat surat pernyataan ini ketika anak-anak akan melakukan aktivitas yang berisiko.

close